Selasa, 04 Oktober 2016

RPP Sistem Pencernaan (PPL 2)



RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                                   : SMP Negeri 12 Cirebon
Mata Pelajaran                      : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas/ Semester                      : VIII (Delapan)/ 1 (Satu)
Materi Pokok                         : Sistem Pencernaan
Alokasi Waktu                       : 4 X 40 Menit

Standar Kompetensi
1.        Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar :
1.4 Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
Indikator:
1.      Menyebutkan fungi makanan bagi manusia
2.      Membedakan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan pada manusia.
3.      Mendeskripsikan jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang ada di dalamnya.
4.      Menyebutkan organ-organ sistem pencernaan manusia
5.      Membedakan pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi
6.      Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi di dalam organ-organ pencernaan.
7.      Menyebutkan gangguan-gangguan yang terjadi dalam sistem pencernaan pada manusia.
A.      Tujuan Pembelajaran
Setelah proses belajar mengajar diharapkan peserta didik dapat :
1.      Menyebutkan fungsi makanan bagi manusia.
2.      Membedakan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan pada manusia.
3.      Mendeskripsikan jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang ada di dalamnya.
4.      Menyebutkan organ-organ sistem pencernaan manusia
5.      Membedakan pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi
6.      Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi di dalam mulut.
7.      Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi di dalam kerongkongan.
8.      Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi di dalam lambung.
9.      Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi di dalam usus halus.
10.  Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi di dalam usus besar.

B.       Materi Ajar
A.    Zat Makanan dan Fungsinya
B.     Organ-Organ Pencernaan
1.      Mulut
2.      Kerongkongan
3.      Lambung
4.      Usus Halus
5.      Usus Besar
6.      Anus
C.     Gangguan pada Sistem Pencernaan
C.      Metode Pembelajaran
Metode     : Ceramah
Diskusi Kelompok
Model       : Direct Instruction (DI)
Cooperative Learning
Talking Stick

D.      Langkah-Langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA (2 x 40 menit)
a.      Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·         Motivasi dan Apersepsi:
-     Mengucapkan salam dan selamat pagi kepada siswa, kemudian mengecek kehadiran siswa.
-     Guru mengajak siswa untuk melakukan tepuk semangat.
-     Memotivasi siswa dengan  memberi pertanyaan, seperti “siapa yang sudah sarapan? Apa pentingnya sarapan bagi tubuh kita? dan bagaiman bisa makanan yang kita konsumsi dapat diserap oleh tubuh kita? dan pertanyaan-pertanyaan pengarah sejenis lainnya. Setelah itu guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan rencana kegiatan.
·         Prasyarat pengetahuan:
-     Apakah fungsi karbohidrat bagi tubuh manusia?
-     Apakah fungsi protein bagi tubuh manusia? 
b.      Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
·         Guru memberi pengantar tentang materi sistem pencernaan makanan pada manusia.
·         Melibatkan pesrta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
·         Memfasilitasi peserta didik dalam melakukan pembelajaran.
·         Guru menyuruh siswa untuk menyebutkan zat-zat yang terkandung didalam makanan yang dimakan sehari-hari.
·         Guru menjelaskan makanan dan fungsinya kepada siswa dan menggali pemahaman siswa tentang makanan dan fungsinya.
·         Guru menjelaskan saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan kepada siswa dan menggali pengetahuan siswa tentang pencernaan makanan.
Elaborasi
·         Guru membagi siswa ke dalam lima kelompok berdasarkan barisan tempat duduk.
·         Setiap kelompok diminta untuk menyebutkan bahan makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, dan protein.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara lisan.
·         Setiap bahan makanan yang disebutkan oleh setiap kelompok dicatat oleh masing-masing siswa.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Guru menjelaskan organ-organ sistem pencernaan agar siswa dapat menyebutkan organ-organ sistem pencernaan beserta proses pencernaan yang terjadi didalamnya.
·         Guru memberikan sebuah permainan.
·         Guru menyiapkan satu buah spidol.
·         Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membaca dan mempelajari materi.
·         Guru memberikan tongkat pada peserta didik.
·         Guru bersama peserta didik bersama-sama menyanyikan lagu balonku dan siswa mulai menggilir tongkat dari peserta didik satu ke peserta didik yang lainnya. Tongkat digilir mulai dari kelompok pertama.
·         Guru memberhentikan lagu, setelah itu guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang memegang tongkat pada saat lagu dimatikan. Siswa harus menjawab pertanyaan dari guru.
·         Demikian seterusnya sampai sebagian besar peserta didik mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru.
·         Guru memberi reward bagi siswa yang dapat menjawab pertanyaan.
Konfirmasi
·         Mengoreksi dan menguatkan hasil belajar siswa.
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau mengemukakan pendapat mengenai materi hari ini.
·         Guru bersama pesrta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberi penguatan dan penyimpulan.


c.       Kegiatan Penutup (10 menit)
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya.
PERTEMUAN KEDUA (2 x 40 menit)
a.      Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
Motivasi dan Apersepsi:
·         Guru membuka pelajaran dengan salam pembuka.
·         Guru mengecek kehadiran siswa.
·         Guru menyiapkan kelas supaya kondusif dan siap untuk mengikuti pembelajaran.
·         Guru memberikan apersepsi dengan mengulas pembahasan materi sebelumnya dan mengajukan pertanyaan  pengetahuan awal siswa tentang gangguan sistem pencernaan yang sering dijumpai dala kehidupan sehari-hari.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan rencana kegiatan.
b.      Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
·         Guru menjelaskan materi gangguan sistem pencernaan makanan pada manusia dan menggali pengetahuan siswa tentang gangguan sistem pencernaan pada manusia.
·         Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
·         Memfasilitasi peserta didik dalam melakukan pembelajaran.


Elaborasi
·         Guru membagi siswa ke dalam lima kelompok berdasarkan barisan tempat duduk.
·         Setiap kelompok diminta untuk menyebutkan gangguan-gangguan yang dapat terjadi pada sistem pencernaan manusia dan penyebabnya.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara lisan.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
Konfirmasi
·         Mengoreksi dan menguatkan hasil belajar siswa.
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau mengemukakan pendapat mengenai materi hari ini.
·         Guru bersama pesrta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberi penguatan dan penyimpulan.
c.       Kegiatan Penutup (10 menit)
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Peserta didik melakukan evaluasi akhir dengan mengerjakan soal-soal latihan.
·         Tindak lanjut : pemberian tugas/ PR.
E.       Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.      Media dan Alat
Gambar, papan tulis, spidol, kertas
2.      Sumber Belajar
Buku cetak Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar. Karim. S, dkk. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Lembar Kerja Siswa (LKS)

F. Penilaian Hasil Belajar
1.      Penilaian proses KBM (keaktifan waktu diskusi )
2.      Penilaian tugas kelompok (tes tertulis berupa essay)
3.      Tugas individu ( LKS halaman 28-30)








           

                                                                                       Cirebon, 5 September 2016                                                                        
Guru Pamong


Praktikan




















NASPAN M, Pd.


AAN ISTIQOMAH







NIP. 196507251990031008                                                   NIM. 1413163046





Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 12 Kota Cirebon





























Dra. WARTI SURATMININGSIH, M.Pd


                               NIP.




LAMPIRAN
1.        Lembar Penilaian Proses KBM (Keaktifan Waktu Diskusi )
No.
Nama Siswa
Aspek Yang diamati
Jumlah
Nilai
Inisiatif
Keaktifan
Kerjasama
Presentasi





















*) Nilai maksimal tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )

2.        Lembar Penilaian Tugas Individu (LKS Halaman 28-30)    
No.
Nama Siswa
Aspek Yang dinilai
Jumlah
Nilai
Ketepatan
Waktu
Kerapihan
Pekerjaan
Esensi
Jawaban






























*) Norma Penilaian :
                        - Aspek Ketepatan Waktu skor maksimal                   : 15
                        - Aspek Kerapihan Pekerjaan                                      : 10
                        - Aspek Esensi Jawaban Skor Maksimal                     : 75


 
                                                            Jumlah                                     : 100

3.        Soal Essay (Tugas Kelompok)
Nomor Kelompok                   :   
Nama Anggota                        :
Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan jelas!
1.    Apa yang dimaksud dengan sistem pencernaan?
2.    Sebutkan organ-organ sistem pencernaan pada manusia?
3.    Sebutkan fungsi dari setiap organ-organ pencernaan makanan?
4.    Jelaskan proses terjadinya pencernaan makanan pada manusia secara urut!
5.    Sebutkan dan jelaskan contoh gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan?

4.    Rubrik Penilaian Kelompok (Tes Tertulis Berupa Essay)
No.
Uraian
Skor
1.
Ø Jika lembar jawaban kosong
Ø Jika jawaban salah, bahasa baik dan benar
Ø Jika jawaban kurang lengkap, bahasa baik
Ø Jika jawaban benar, bahasa kurang baik
Ø Jika jawaban benar, bahasa baik (sesuai urutan, ejaan benar)
Jawaban:
       Pencernaan makanan adalah proses mengubah makanan dari ukuran besar menjadi ukuran yang lebih kecil dan halus, serta memecah molekul makanan yang kompleks menjadi molekul yang sederhana dengan menggunakan enzim dan organ-organ pencernaan.
0
5
10
15
20
2.
Ø Jika lembar jawaban kosong
Ø Jika jawaban salah, bahasa baik dan benar
Ø Jika jawaban kurang lengkap, bahasa baik
Ø Jika jawaban benar, bahasa kurang baik
Ø Jika jawaban benar, bahasa baik (sesuai urutan, ejaan benar)
Jawaban:
1.      Mulut
2.      Kerongkongan
3.      Lambung
4.      Usus Halus
5.      Usus Besar
6.      Anus
0
5
10
15
20
3.
Ø Jika lembar jawaban kosong
Ø Jika jawaban salah, bahasa baik dan benar
Ø Jika jawaban kurang lengkap, bahasa baik
Ø Jika jawaban benar, bahasa kurang baik
Ø Jika jawaban benar, bahasa baik (sesuai urutan, ejaan benar)
Jawaban:
1.      Mulut, berfungsi untuk menghancurkan makanan sehingga ukurannya cukup kecil untuk dapat ditelan dan masuk ke dalam organ pencernaan berikutnya
2.      Kerongkongan, berfungsi untuk menyalurkan makanan dari mulut ke lambung
3.      Lambung, berfungsi untuk menghasilkan asam lambung, mengubah makanan menjadi bentuk chyme (seperti bubur), tempat pencernaan protein dimulai.
4.      Usus halus, berfungsi untuk mencampur chyme dengan cairan empedu, dengan enzim yang dihasilkan di usus halus dan pankreas.
5.      Usus besar, berfungsi untuk membusukkan sisa makanan yang tidak tecerna, dibantu oleh bakteri, penyerapan kembali air dari kotoran (feses).
6.      Anus, berfungsi untuk defekasi (pembuangan sisa-sisa makanan).
0
5
10
15
20
4.
Ø Jika lembar jawaban kosong
Ø Jika jawaban salah, bahasa baik dan benar
Ø Jika jawaban kurang lengkap, bahasa baik
Ø Jika jawaban benar, bahasa kurang baik
Ø Jika jawaban benar, bahasa baik (sesuai urutan, ejaan benar)
Jawaban:
Pertama-tama, pencernaan dilakukan oleh mulut. Disini dilakukan pencernaan mekanik yaitu proses mengunyah makanan menggunakan gigi dan pencernaan kimiawi menggunakan enzim ptialin (amilase) yang berfungsi mengubah makanan yang mengandung zat karbohidrat (amilum) menjadi gula sederhana (maltosa). Makanan selanjutnya dibawa menuju lambung dan melewati kerongkongan. Di lambung, makanan akan melalui proses pencernaan kimiawi menggunakan zat/enzim Renin, Pepsin, dan HCl (Asam Klorida). Setelah makanan diproses di lambung, makanan akan dibawa menuju usus dua belas jari. Pada usus dua belas jari terdapat enzim-enzim yang berasal dari pankreas yaitu Amilase, Tripsin, dan Lipase. Selain itu, terdapat juga empedu. Selanjutnya makanan dibawa menuju usus halus. Di dalam usus halus terjadi proses pencernaan kimiawi dengan melibatkan berbagai enzim pencernaan. Selanjutnya, proses penyerapan (absorbsi) akan berlangsung di usus kosong dan sebagian besar di usus penyerap. Kemudian masuk ke dalam usus besar dan terjadi proses penyerapan air dan mineral dari sisa makanan juga terjadi pembusukan zat sisa pencernaan. Selanjutnya sisa-sisa makanan akan dibuang melalui anus berupa feses.
0
5
10
15
20
5.
Ø Jika lembar jawaban kosong
Ø Jika jawaban salah, bahasa baik dan benar
Ø Jika jawaban kurang lengkap, bahasa baik
Ø Jika jawaban benar, bahasa kurang baik
Ø Jika jawaban benar, bahasa baik (sesuai urutan, ejaan benar)
Jawaban:
1.      Diare, merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri maupun amoeba pada usus besar. Akibat infeksi tersebut, penyerapan di usus besar terganggu sehingga feses menjadi terlalu encer.
2.      Sembelit, terjadi karena proses penyerapan air pada feses oleh usus besar berlebihan. Akibatnya, feses menjadi padat atau keras dan susah dikeluarkan.
3.      Tukak lambung, adalah salah satu kelainan sistem pencernaan yakni kerusakan pada selaput lendir.
0
5
10
15
20

Tidak ada komentar:

Posting Komentar