RENCANA
PELAKSAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
SMP Negeri 12 Cirebon
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas/ Semester : VIII (Delapan)/ 1 (Satu)
Materi Pokok : Sistem
Pencernaan
Standar Kompetensi
1.
Memahami
berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar :
1.4
Mendeskripsikan sistem
pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
Indikator:
1.
Menyebutkan
fungi makanan bagi manusia
2.
Membedakan
antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem
pencernaan pada manusia.
3.
Mendeskripsikan
jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang ada di dalamnya.
4.
Menyebutkan organ-organ sistem
pencernaan manusia
5.
Membedakan pencernaan mekanik dan
pencernaan kimiawi
6.
Menjelaskan proses pencernaan
makanan yang terjadi di dalam organ-organ pencernaan.
7.
Menyebutkan gangguan-gangguan yang
terjadi dalam sistem pencernaan pada manusia.
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses belajar mengajar
diharapkan peserta didik dapat :
1.
Menyebutkan
fungsi makanan bagi manusia.
2.
Membedakan
antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem
pencernaan pada manusia.
3.
Mendeskripsikan
jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang ada di dalamnya.
4.
Menyebutkan organ-organ sistem
pencernaan manusia
5.
Membedakan pencernaan mekanik dan
pencernaan kimiawi
6.
Menjelaskan proses pencernaan
makanan yang terjadi di dalam mulut.
7.
Menjelaskan proses pencernaan
makanan yang terjadi di dalam kerongkongan.
8.
Menjelaskan proses pencernaan
makanan yang terjadi di dalam lambung.
9.
Menjelaskan proses pencernaan
makanan yang terjadi di dalam usus halus.
10. Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi di dalam usus besar.
B. Materi Ajar
A.
Zat Makanan dan Fungsinya
B.
Organ-Organ Pencernaan
1.
Mulut
2.
Kerongkongan
3.
Lambung
4.
Usus Halus
5.
Usus Besar
6.
Anus
C.
Gangguan pada Sistem Pencernaan
C.
Metode Pembelajaran
Metode : Ceramah
Diskusi Kelompok
Model : Direct Instruction (DI)
Cooperative Learning
Talking Stick
D. Langkah-Langkah
Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA (2 x 40 menit)
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·
Motivasi
dan Apersepsi:
-
Mengucapkan
salam dan selamat pagi kepada siswa, kemudian mengecek kehadiran siswa.
-
Guru mengajak siswa untuk
melakukan tepuk semangat.
-
Memotivasi
siswa dengan memberi pertanyaan, seperti “siapa yang
sudah sarapan? Apa pentingnya sarapan bagi tubuh kita? dan bagaiman bisa
makanan yang kita konsumsi dapat diserap oleh tubuh kita? dan
pertanyaan-pertanyaan pengarah sejenis lainnya. Setelah itu guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan rencana kegiatan.
·
Prasyarat
pengetahuan:
-
Apakah
fungsi karbohidrat bagi tubuh manusia?
-
Apakah
fungsi protein bagi tubuh manusia?
b. Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
·
Guru memberi pengantar tentang
materi sistem pencernaan makanan pada manusia.
·
Melibatkan pesrta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran.
·
Memfasilitasi peserta didik dalam
melakukan pembelajaran.
·
Guru
menyuruh siswa untuk menyebutkan zat-zat yang terkandung didalam makanan yang
dimakan sehari-hari.
·
Guru
menjelaskan makanan dan fungsinya kepada siswa dan menggali pemahaman siswa
tentang makanan dan fungsinya.
·
Guru
menjelaskan saluran pencernaan dan
kelenjar pencernaan kepada siswa dan menggali pengetahuan siswa tentang
pencernaan makanan.
Elaborasi
·
Guru membagi siswa ke dalam lima kelompok berdasarkan
barisan tempat duduk.
·
Setiap kelompok diminta untuk
menyebutkan bahan makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, dan protein.
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara lisan.
·
Setiap
bahan makanan yang disebutkan oleh setiap kelompok dicatat oleh masing-masing
siswa.
·
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
·
Guru
menjelaskan organ-organ sistem pencernaan agar siswa dapat menyebutkan
organ-organ sistem pencernaan beserta proses pencernaan yang terjadi
didalamnya.
·
Guru
memberikan sebuah permainan.
·
Guru menyiapkan satu buah spidol.
·
Memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk membaca dan mempelajari materi.
·
Guru
memberikan tongkat pada peserta didik.
·
Guru bersama peserta didik
bersama-sama menyanyikan lagu balonku dan siswa mulai menggilir tongkat dari
peserta didik satu ke peserta didik yang lainnya. Tongkat digilir mulai dari
kelompok pertama.
·
Guru memberhentikan lagu, setelah
itu guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang memegang tongkat pada saat
lagu dimatikan. Siswa harus menjawab pertanyaan dari guru.
·
Demikian seterusnya sampai sebagian
besar peserta didik mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru.
·
Guru memberi reward bagi siswa yang
dapat menjawab pertanyaan.
Konfirmasi
·
Mengoreksi dan menguatkan hasil
belajar siswa.
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau
mengemukakan pendapat mengenai materi hari ini.
·
Guru bersama pesrta didik bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberi penguatan dan penyimpulan.
c.
Kegiatan Penutup (10 menit)
·
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik.
·
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·
Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya.
PERTEMUAN KEDUA (2 x 40 menit)
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
Motivasi
dan Apersepsi:
·
Guru
membuka pelajaran dengan salam pembuka.
·
Guru mengecek kehadiran
siswa.
·
Guru
menyiapkan kelas supaya kondusif dan siap untuk mengikuti pembelajaran.
·
Guru
memberikan apersepsi dengan mengulas pembahasan materi sebelumnya
dan mengajukan
pertanyaan pengetahuan awal siswa
tentang gangguan sistem pencernaan yang sering dijumpai dala kehidupan sehari-hari.
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dan rencana kegiatan.
b. Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
·
Guru menjelaskan materi gangguan
sistem pencernaan makanan pada manusia dan menggali pengetahuan siswa tentang
gangguan sistem pencernaan pada manusia.
·
Melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
·
Memfasilitasi peserta didik dalam
melakukan pembelajaran.
Elaborasi
·
Guru membagi siswa ke dalam lima kelompok
berdasarkan barisan tempat duduk.
·
Setiap kelompok diminta untuk
menyebutkan gangguan-gangguan yang dapat terjadi pada sistem pencernaan manusia
dan penyebabnya.
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara lisan.
·
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
Konfirmasi
·
Mengoreksi dan menguatkan hasil
belajar siswa.
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau
mengemukakan pendapat mengenai materi hari ini.
·
Guru bersama pesrta didik bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberi penguatan dan penyimpulan.
c.
Kegiatan Penutup (10 menit)
·
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·
Peserta didik melakukan evaluasi
akhir dengan mengerjakan soal-soal latihan.
·
Tindak lanjut : pemberian tugas/ PR.
E.
Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.
Media dan Alat
Gambar, papan tulis,
spidol, kertas
2.
Sumber Belajar
Buku cetak Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam
Sekitar. Karim. S, dkk. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan
Nasional.
Lembar Kerja Siswa (LKS)
F. Penilaian Hasil Belajar
1. Penilaian proses KBM (keaktifan waktu diskusi )
2. Penilaian tugas kelompok (tes tertulis berupa essay)
3. Tugas individu ( LKS halaman
28-30)
Cirebon, 5 September 2016
|
Guru Pamong
|
|
|
Praktikan
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
|
NASPAN M, Pd.
|
|
|
AAN ISTIQOMAH
|
||
NIP.
196507251990031008 NIM. 1413163046
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri
12 Kota Cirebon
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dra. WARTI SURATMININGSIH, M.Pd
|
|
|
NIP.
|
|
LAMPIRAN
1.
Lembar Penilaian
Proses KBM (Keaktifan Waktu Diskusi )
|
No.
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Yang diamati
|
Jumlah
Nilai
|
|||
|
Inisiatif
|
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Presentasi
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*) Nilai maksimal tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )
2.
Lembar Penilaian
Tugas Individu (LKS Halaman 28-30)
|
No.
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Yang dinilai
|
Jumlah
Nilai
|
||
|
Ketepatan
Waktu
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Esensi
Jawaban
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*) Norma Penilaian :
-
Aspek Ketepatan Waktu skor maksimal : 15
-
Aspek Kerapihan Pekerjaan : 10
- Aspek Esensi Jawaban Skor Maksimal :
75
Jumlah :
100
3.
Soal Essay (Tugas Kelompok)
Nomor Kelompok :
Nama Anggota :
Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan jelas!
1.
Apa yang dimaksud dengan sistem pencernaan?
2.
Sebutkan organ-organ sistem pencernaan pada manusia?
3.
Sebutkan fungsi dari setiap organ-organ pencernaan makanan?
4.
Jelaskan proses terjadinya pencernaan makanan pada manusia
secara urut!
5.
Sebutkan dan jelaskan contoh gangguan yang terjadi pada sistem
pencernaan?
4.
Rubrik Penilaian Kelompok
(Tes Tertulis Berupa Essay)
|
No.
|
Uraian
|
Skor
|
|
1.
|
Ø Jika lembar jawaban
kosong
Ø Jika jawaban salah,
bahasa baik dan benar
Ø Jika jawaban kurang
lengkap, bahasa baik
Ø Jika jawaban benar,
bahasa kurang baik
Ø Jika jawaban benar,
bahasa baik (sesuai urutan, ejaan benar)
Jawaban:
Pencernaan makanan adalah proses mengubah makanan dari
ukuran besar menjadi ukuran yang lebih kecil dan halus, serta memecah molekul
makanan yang kompleks menjadi molekul yang sederhana dengan menggunakan enzim
dan organ-organ pencernaan.
|
0
5
10
15
20
|
|
2.
|
Ø Jika lembar jawaban
kosong
Ø Jika jawaban salah,
bahasa baik dan benar
Ø Jika jawaban kurang
lengkap, bahasa baik
Ø Jika jawaban benar,
bahasa kurang baik
Ø Jika jawaban benar,
bahasa baik (sesuai urutan, ejaan benar)
Jawaban:
1.
Mulut
2.
Kerongkongan
3.
Lambung
4.
Usus Halus
5.
Usus Besar
6.
Anus
|
0
5
10
15
20
|
|
3.
|
Ø Jika lembar jawaban
kosong
Ø Jika jawaban salah,
bahasa baik dan benar
Ø Jika jawaban kurang
lengkap, bahasa baik
Ø Jika jawaban benar,
bahasa kurang baik
Ø Jika jawaban benar,
bahasa baik (sesuai urutan, ejaan benar)
Jawaban:
1.
Mulut, berfungsi untuk menghancurkan
makanan sehingga ukurannya cukup kecil untuk dapat ditelan dan masuk ke dalam
organ pencernaan berikutnya
2.
Kerongkongan, berfungsi untuk
menyalurkan makanan dari mulut ke lambung
3.
Lambung, berfungsi untuk menghasilkan
asam lambung, mengubah makanan menjadi bentuk chyme (seperti bubur), tempat
pencernaan protein dimulai.
4.
Usus halus, berfungsi untuk
mencampur chyme dengan cairan empedu, dengan enzim yang dihasilkan di usus
halus dan pankreas.
5.
Usus besar, berfungsi untuk
membusukkan sisa makanan yang tidak tecerna, dibantu oleh bakteri, penyerapan
kembali air dari kotoran (feses).
6.
Anus, berfungsi untuk defekasi
(pembuangan sisa-sisa makanan).
|
0
5
10
15
20
|
|
4.
|
Ø Jika lembar jawaban
kosong
Ø Jika jawaban salah,
bahasa baik dan benar
Ø Jika jawaban kurang
lengkap, bahasa baik
Ø Jika jawaban benar,
bahasa kurang baik
Ø Jika jawaban benar,
bahasa baik (sesuai urutan, ejaan benar)
Jawaban:
Pertama-tama,
pencernaan dilakukan oleh mulut. Disini dilakukan pencernaan mekanik yaitu
proses mengunyah makanan menggunakan gigi dan pencernaan kimiawi menggunakan
enzim ptialin (amilase) yang berfungsi mengubah makanan yang mengandung zat
karbohidrat (amilum) menjadi gula sederhana (maltosa). Makanan selanjutnya
dibawa menuju lambung dan melewati kerongkongan. Di lambung, makanan akan
melalui proses pencernaan kimiawi menggunakan zat/enzim Renin, Pepsin, dan
HCl (Asam Klorida). Setelah makanan diproses di lambung, makanan akan dibawa
menuju usus dua belas jari. Pada usus dua belas jari terdapat enzim-enzim
yang berasal dari pankreas yaitu Amilase, Tripsin, dan Lipase. Selain itu,
terdapat juga empedu. Selanjutnya makanan dibawa menuju usus halus. Di dalam
usus halus terjadi proses pencernaan kimiawi dengan melibatkan berbagai enzim
pencernaan. Selanjutnya, proses penyerapan (absorbsi) akan berlangsung di
usus kosong dan sebagian besar di usus penyerap. Kemudian masuk ke dalam usus
besar dan terjadi proses penyerapan air dan mineral dari sisa makanan juga
terjadi pembusukan zat sisa pencernaan. Selanjutnya sisa-sisa makanan akan
dibuang melalui anus berupa feses.
|
0
5
10
15
20
|
|
5.
|
Ø Jika lembar jawaban
kosong
Ø Jika jawaban salah,
bahasa baik dan benar
Ø Jika jawaban kurang
lengkap, bahasa baik
Ø Jika jawaban benar,
bahasa kurang baik
Ø Jika jawaban benar,
bahasa baik (sesuai urutan, ejaan benar)
Jawaban:
1.
Diare, merupakan penyakit yang
disebabkan oleh infeksi bakteri maupun amoeba pada usus besar. Akibat infeksi
tersebut, penyerapan di usus besar terganggu sehingga feses menjadi terlalu
encer.
2.
Sembelit, terjadi karena
proses penyerapan air pada feses oleh usus besar berlebihan. Akibatnya, feses
menjadi padat atau keras dan susah dikeluarkan.
3.
Tukak lambung, adalah salah satu kelainan sistem pencernaan
yakni kerusakan pada selaput lendir.
|
0
5
10
15
20
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar