RENCANA
PELAKSAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
SMP Negeri 12 Cirebon
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas/ Semester : VIII (Delapan)/ 1 (Satu)
Materi Pokok : Sistem
Pernapasan
Standar Kompetensi
1.
Memahami
berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar :
1.4
Mendeskripsikan
sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
Indikator:
1. Mengidentifikasi organ penyusun sistem pernapasan pada manusia.
2. Menyebutkan fungsi
dari masing-masing organ pernapasan.
3. Menjelaskan urutan
saluran pernapasan pada manusia.
4.
Membandingkan proses
inspirasi dan ekspirasi pada proses pernapasan.
5. Mengukur frekuensi pernapasan normal dan udara kapasitas vital paru-paru.
6.
Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan.
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah
proses belajar mengajar diharapkan
peserta didik dapat :
1. Mengidentifikasi organ penyusun sistem pernapasan pada manusia.
2. Menyebutkan fungsi
dari masing-masing organ pernapasan.
3. Menjelaskan urutan
saluran pernapasan pada manusia.
4.
Membandingkan proses
inspirasi dan ekspirasi pada proses pernapasan.
5. Mengukur frekuensi pernapasan normal dan udara kapasitas vital paru-paru.
6.
Membedakan volume total, volume tidal, dan volume residu dari volume
udara pernapasan.
7.
Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan.
B. Materi Ajar
A.
Organ-Organ Pernapasan
1.
Hidung
2.
Tenggorokan
a.
Pangkal Tenggorokan (Laring)
b.
Batang Tenggorokan (Laring)
c.
Cabang Batang Tenggorokan (Bronkus)
3.
Paru-Paru
B.
Proses Pernapasan
1.
Jenis Pernapasan
a.
Pernapasan Dada
b.
Pernapasan Perut
2.
Kapasitas Paru-Paru
3.
Gangguan pada Sistem Pernapasan
C.
Metode Pembelajaran
Metode : Ceramah, dan Diskusi kelompok.
Model : Direct Instruction (DI), Cooperative
Learning, Ranking 1, Make a Match
D. Langkah-Langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA (2 x 40 menit)
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·
Motivasi
dan Apersepsi:
-
Mengucapkan
salam dan selamat pagi kepada siswa, kemudian mengecek kehadiran siswa.
-
Guru
meminta siswa untuk berdiri. Setelah berdiri siswa mengikuti apa yang di
perintahkan oleh guru. Yang pertama coba anak-anak tutup hidung kalian selama
satu menit. Lalu guru bertanya kepada siswa “apa yang kalian rasakan ketika
hidung kalian ditutup selama satu menit? Apakah kalian bisa bernapas?”
-
Selanjutnya
guru meminta siswa untuk menutup mulut selama satu menit. Setelah itu guru
bertanya kepada siswa “apa yang kalian rasakan kalau sebaliknya mulut yang
tertutup?” Apakah kalian bisa bernapas?
-
Guru
meminta siswa untuk merentangkan tangan. Lalu menghirup udara dan melepaskannya.
Setelah itu guru bertanya “apa yang kalian rasakan ketika kalian menghirup
udara dan melepaskannya? Apakah terjadi sebuah proses bernapas?’
·
Prasyarat
pengetahuan:
-
Setelah
melakukan apersepsi guru
bertanya kepada siswa tentang materi apa yang akan diajarkan pada pertemuan
ini? Setelah itu guru bertanya untuk membuka pengetahuan siswa dengan
pertanyaan “apakah yang dimaksud dengan pernapasan?”
b. Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
·
Guru memberi pengantar tentang
materi sistem pernapasan pada manusia.
·
Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi organ
penyusun sistem pernapasan pada manusia.
·
Guru meminta siswa untuk membandingkan proses
inspirasi dan ekspirasi pada pernapasan manusia.
·
Guru menjelaskan proses pernapasan yang terjadi pada manusia.
·
Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan
dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber.
·
Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain.
·
Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta
antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
·
Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran.
Elaborasi
·
Guru membagi siswa ke dalam lima kelompok berdasarkan
barisan tempat duduk.
·
Guru memberikan sebuah
permainan dengan model ranking satu.
·
Guru meminta semua siswa
untuk duduk di lantai dengan setiap kelompok berbaris sesuai dengan urutan kelompoknya
dimana kelompok 1 di barisan pertama, kelompok 2 di barisan kedua, kelompok 3
di barisan ketiga, kelompok 4 dibarisan keempat, dan kelompok 5 dibarisan
kelima.
·
Guru membagikan kertas
selembar untuk jawaban siswa.
·
Siswa membawa alat tulis
berupa pulpen dan tidak diperbolehkan membawa buku catatan ataupun buku bacaan
lainnya.
·
Guru membacakan pertanyaan
sebanyak dua kali.
·
Siswa menjawab pertanyaan
setelah guru selesai membacakan pertanyaan pada kertas selembar.
·
Guru meminta siswa untuk
mengangkat kertas jawaban tersebut dengan memegang bagian ujung kanan dan ujung
kiri kertas.
·
Siswa yang jawabannya salah
harap keluar dari barisan dan tidak boleh memberikan jawaban kepada siswa yang masih
bertahan.
·
Guru memberikan pertanyaan
kepada siswa sebanyak 10 buah. Apabila sebelum pertanyaan kesepuluh banyak siswa
yang gugur, maka pemenang ditentukan dari siswa yang masih bertahan. Namun jika
pada sepuluh pertanyaan banyak siswa yang masih bertahan, maka guru akan memberikan
pertanyaan tambahan dan siswa yang dapat menjawab dengan cepat akan menjadi pemenangnya.
·
Guru memberikan penghargaan dalam bentuk pujian dan piagam penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik.
·
Guru meminta siswa untuk
kembali ke tempat duduk masing-masing.
Konfirmasi
·
Mengoreksi dan menguatkan hasil belajar
siswa.
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau
mengemukakan pendapat mengenai materi hari ini.
·
Guru bersama pesrta didik bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberi penguatan dan penyimpulan.
c.
Kegiatan Penutup (10 menit)
·
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·
Guru
memberikan tugas rumah berupa soal berupa essay.
PERTEMUAN KEDUA (2 x 40 menit)
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
Motivasi
dan Apersepsi:
·
Guru
membuka pelajaran dengan salam pembuka.
·
Guru mengecek kehadiran
siswa.
·
Guru
menyiapkan kelas supaya kondusif dan siap untuk mengikuti pembelajaran.
·
Guru menanyakan tugas pada pertemuan
sebelumnya.
·
Guru bertanya kepada siswa mengenai
seputaran rokok. Misalkan apakah berbahaya orang yang merokok?
·
Guru memancing siswa dengan sebuah
pertanyaan “apabila rokok itu berbahaya mengapa dijual?”
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dan rencana kegiatan.
b. Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
·
Guru menjelaskan materi gangguan
sistem pernapasan pada manusia dan menggali pengetahuan siswa tentang gangguan
sistem pernapasan pada manusia.
·
Melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
·
Memfasilitasi peserta didik dalam
melakukan pembelajaran.
Elaborasi
·
Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa
konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu
soal dan bagian lainnya kartu jawaban.
·
Setiap siswa mendapat satu buah kartu
·
Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
·
Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu
yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)
·
Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum
batas waktu diberi poin
·
Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa
mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
·
Demikian seterusnya
Konfirmasi
·
Mengoreksi dan menguatkan hasil
belajar siswa.
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau
mengemukakan pendapat mengenai materi hari ini.
·
Guru bersama peserta didik bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberi penguatan dan penyimpulan.
c.
Kegiatan Penutup (10 menit)
·
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·
Peserta didik melakukan evaluasi
akhir dengan mengerjakan soal-soal latihan.
·
Tindak lanjut : pemberian tugas/ PR.
E.
Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.
Media dan Alat
Gambar, papan tulis,
spidol, kertas
2.
Sumber Belajar
Buku cetak Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam
Sekitar. Karim. S, dkk. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan
Nasional.
Lembar Kerja Siswa (LKS)
F. Penilaian Hasil Belajar
1. Penilaian Proses KBM (Keaktifan waktu
diskusi )
2. Tugas Rumah
3. Tugas Kelompok
Cirebon,
12 September 2016
|
Guru Pamong
|
|
|
Praktikan
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
|
NASPAN
M, Pd.
|
|
|
AAN
ISTIQOMAH
|
||
NIP.
196507251990031008 NIM. 1413163046
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri
12 Kota Cirebon
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dra.
WARTI SURATMININGSIH, M.Pd
|
|
|
NIP. 196001071982032009
LAMPIRAN
1.
Lembar Penilaian
Proses KBM (Keaktifan Waktu Diskusi )
|
No.
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Yang diamati
|
Jumlah
Nilai
|
|||
|
Inisiatif
|
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Presentasi
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*) Nilai maksimal tiap aspek 25 (25 x 4 = 100)
2.
Tugas Rumah
a.
Instrumen
1.
Apakah yang dimaksud dengan pernapasan?
2.
Jelaskan mekanisme pernapasan pada pernapasan dada!
3.
Jelaskan mekanisme pernapasan pada penapasan perut!
4.
Lengkapi tabel berikut!
|
Jenis Vol. Udara
Pernapasan
|
Pengertian
|
Volume
|
|
Volume
tidal
Volume
cadangan inspirasi
Volume
cadangan ekspirasi
Kapasitas
vital
Udara
residu
Kapasitas
total
|
|
|
5.
Sebutkan dan jelaskan macam-macam gangguan yang terjadi pada
alat-alat pernapasan manusia!
b.
Rubrik Jawaban Tugas
Rumah
1.
Pernapasan adalah seluruh proses mulai dari pemasukan udara,
pengambilan oksigen (O2), dan penggunaan oksigen untuk oksidasi,
sampai dengan pengeluaran zat-zat sisa pernapasan. (Skor 7)
2.
Pernapasan dada terjadi karena
otot antartulang rusuk berkontraksi sehingga rusuk terangkat dan akibatnya
volume rongga dada membesar. Membesarnya rongga dada ini membuat tekanan dalam
rongga dada mengecil dan paru-paru mengembang. Pada saat paru-paru mengembang,
tekanan udara di luar lebih besar daripada di dalam paruparu, akibatnya udara
masuk. Sebaliknya, saat otot antartulang rusuk berelaksasi, tulang rusuk turun.
Akibatnya, volume rongga dada mengecil sehingga tekanan di dalamnya pun naik.
Pada keadaan ini paru-paru mengempis sehingga udara keluar. (Skor 9)
3.
Pernapasan ini terjadi karena
gerakan diafragma. Jika otot diafragma berkontraksi, rongga dada akan membesar
dan paru-paru mengembang. Akibatnya, udara akan masuk ke dalam paru-paru. Saat
otot diafragma relaksasi, diafragma kembali ke keadaan semula. Saat itu, rongga
dada akan menyempit, mendorong paru-paru sehingga mengempis. Selanjutnya, udara
dari paru-paru akan keluar. (Skor 9)
4.
Kapasitas paru-paru:
|
Jenis Vol. Udara
Pernapasan
|
Pengertian
|
Volume
|
Skor
|
|
Volume tidal
Volume cadangan inspirasi
Volume cadangan ekspirasi
Kapasitas vital
Udara residu
Kapasitas
total
|
Volume
udara pernapasan
Volume
yang masih bisa ditampung paru-paru dengan inspirasi sekuat-kuatnya
Volume
udara yang masih bisa dikeluarkan setelah ekspirasi normal
Volume
udara yang dapat masuk setelah inspirasi sekuat-kuatnya dan udara yang bisa
keluar setelah ekspirasi sekuat-kuatnya
Volume
udara yang tertinggal dalam paru-paru walaupun telah menghembuskan napas
sekuat-kuatnya (udara yang tidak bisa dikeluarkan)
Kemampuan
paru-paru untuk menampung udara (kapasitas vital + udara residu)
|
500 ml
1500 ml
1500 ml
3500 ml – 4000 ml
1000 ml
5000 ml
|
3
3
3
3
3
3
|
5.
Bronkitis, adalah radang selaput
lendir pada trakea dan saluran bronkial. Gejalanya adalah batuk-batuk, demam,
sakit di bagian dada.
Rinitis, adalah
radang membran mukosa pada rongga hidung menyebabkan bengkak dan mengeluarkan
banyak lendir (sekresi). Peradangan ini disebabkan oleh alergi terhadap sesuatu
benda atau suasana.
Pneumonia adalah
peradangan paru-paru dimana alveolus biasanya berisi cairan dan eritrosit yang
berlebihan. Jenis pneumonia yang umum adalah pneumonia bakteri. Penyakit ini
dimulai dengan infeksi dalam alveolus, yaitu membran paru-paru mengalami
peradangan dan berlubang-lubang sehingga cairan dan eritrosit masuk ke dalam
paru-paru. Dengan demikian, alveolus terinveksi oleh cairan dan eritrosit.
Infeksi disebarkan oleh bakteri dari satu alveolus lain sehingga dapat meluas
ke seluruh lobus bahkan seluruh paru-paru. (Skor 7)
|
Nilai
= ............
3.
Tugas Kelompok
a.
Instrumen
Carilah dalam buku,
internet, surat kabar, maupun sumber bacaan lain tentang penyakit dan kelainan
yang terjadi pada sistem pernapasan manusia !
b.
Rubrik Penilaian
Tugas Kelompok
|
No.
|
Elemen yang Dinilai
|
Skor Maksimal
|
Skor Perolehan
|
|
1.
|
Ketepatan waktu mengumpulkan tugas
|
10
|
|
|
2.
|
Kemutakhiran sumber rujukan
|
15
|
|
|
3.
|
Laporan (penyajian terdiri dari pendahuluan, isi, dan
penutup)
|
10
|
|
|
Total
|
75
|
|
|
|
Nilai = ............
Tidak ada komentar:
Posting Komentar