PERANGKAT PEMBELAJARAN
PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN IPA TERPADU
Kelas VII
..............................
..............................
..............................
..............................
PROGRAM TAHUNAN
..............................
Sekolah :
..............................
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : VII / 1 dan 2
Tahun pelajaran : 2008 / 2009
|
Smt
|
KOMPETENSI DASAR
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
|
I
|
1.1 Mendeskripsikan besaran pokok dan
besaran turunan beserta satuannya.
|
4 JP
|
1 JP = 40MENIT
|
|
1.2 Mendeskripsikan
pengertian suhu dan pengukurannya
|
4
JP
|
|
|
|
1.3 Melakukan
pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan
alat ukur
yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan
sehari-hari
|
2
JP
|
|
|
|
2.1 Mengelompokkan
sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan
indikator yang tepat
|
4
JP
|
|
|
|
2.2 Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan
yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
|
2
JP
|
|
|
|
2.3 Mendeskripsikan
pengertian suhu dan pengukurannya
|
3
JP
|
|
|
|
2.4 Membandingkan
sifat unsur, senyawa, dan campuran
|
3
JP
|
|
|
|
3.1 Menyelidiki
sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
4
JP
|
|
|
|
3.2 Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam
kehidupan sehari-hari
|
4
JP
|
|
|
|
3.3 Melakukan percobaan yang berkaitan
dengan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
|
4
JP
|
|
|
|
3.4 Mendeskripsikan
peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
|
6
JP
|
|
|
|
4.1 Membandingkan
sifat fisika dan sifat kimia zat
|
2
JP
|
|
|
|
4.2 Melakukan
pemisahan campuran dengan berbagai cara berdasarkan sifat fisika dan sifat
kimia
|
2
JP
|
|
|
|
4.3 Menyimpulkan
perubahan fisika dan kimia berdasarkan hasil percobaan sdrhna
|
2
JP
|
|
|
|
4.4 Mengidentifikasi terjadinya reaksi kimia
melalui percobaan sederhana
|
2
JP
|
|
|
|
JUMLAH SEMESTER I
|
48 JP
|
|
|
|
II
|
5.1 Melaksanakan
pengamatan obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi
gejala alam biotik dan abiotik
|
2
JP
|
|
|
5.2 Menganalisis
data percobaan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
3
JP
|
|
|
|
5.3 Menggunakan
mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala
kehidupan
|
2
JP
|
|
|
|
5.4 Menerapkan keselamatan kerja dalam
melakukan pengamatan gejala-gejala alam
|
2
JP
|
|
|
|
6.1 Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
|
2
JP
|
|
|
|
6.2 Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
|
4
JP
|
|
|
|
6.3 Mendeskripsikan
keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai
organisme
|
4
JP
|
|
|
|
7.1 Menentukan
ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem
|
4
JP
|
|
|
|
7.2 Mengidentifikasi
pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem
|
4
JP
|
|
|
|
7.3 Memprediksi
pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan
|
4
JP
|
|
|
|
7.4 Mengaplikasikan
peran manusia dalam pengelolaan lingkungan unmtuk mengatasi pencemaran dan
kerusakan lingkungan
|
4
JP
|
|
|
|
JUMLAH SEMESTER II
|
35 JP
|
|
|
..............................
Mengetahui
Kepala .............................. Guru Mata Pelajaran
.............................. ..............................
PERANGKAT PEMBELAJARAN
PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN IPA TERPADU
Kelas VIII
SEMESTER 1 & 2
..............................
..............................
..............................
..............................
PROGRAM
TAHUNAN
..............................
Sekolah :
..............................
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : VIII / 1 dan 2
Tahun pelajaran : 20.... / 20.....
Target Nilai Portah : 60
|
Sem
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
|
1
|
1. Memahami
berbagai sistem dalam kehidupan manusia
|
1.1 Menganalisis
pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
|
Pertumbuhan dan
Perkembangan
|
|
|
|
1.2 Mendeskripsikan tahapan
perkembangan manusia
|
Perkembangan manusia
|
|
|
||
|
1.3 Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia
dan hubungannya dengan kesehatan
|
Sistem Gerak pada manusia
|
|
|
||
|
1.4 Mendeskripsikan sistem pencernaan pada
manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan
|
Sistem Pencernaan pada manusia
|
|
|
||
|
|
1.5 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
|
Sistem Pernapasan pada manusia
|
|
|
|
|
|
1.6 Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
Sistem peredaran darah pada manusia
|
|
|
|
|
2. Memahami sistem dalam
kehidupan tumbuhan
|
2.1 Mengidentifikasi struktur
dan fungsi jaringan tumbuhan
|
Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
|
|
|
|
|
2.2 Mendeskripsikan proses
perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau
|
Fotosintesis
|
|
|
||
|
|
2..3 Mengidentifikasi
macam-macam gerak pada tumbuhan
|
Gerak Tumbuhan
|
|
|
|
|
|
2.4 Mengidentifikasi hama dan penyakit pada
organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
Hama dan penyakit pada tumbuhan
|
|
|
|
|
3. Menjelaskan konsep partikel materi
|
3.1 Menjelaskan konsep atom,
ion, dan molekul
|
Atom, ion dan molekul
|
|
|
|
|
3.2 Menghubungkan konsep
atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari
|
Hubungan atom,ion dan molekul dengan produk kimia
|
|
|
||
|
|
3..3 Membandi-ngkan molekul unsur dan molekul
senyawa
|
Perbandingan molekul unsur dan molekul senyawa
|
|
|
|
|
4.
Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan
|
4.1Mencari
informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan
sehari-hari
|
Kimia Rumah Tangga
|
|
|
|
|
4.2 Mengkom-unikasi-kan informasi
tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia
|
Kegunaan dan efek samping bahan kimia
|
|
|
||
|
4..3 Mendeskri-psikan bahan kimia alami dan bahan kimia
buatan dalam kemasan yang terdapat dalam bahan makanan
|
Bahan kimia alami dan buatan
|
|
|
||
|
|
|
4.4 Mendeskri-psikan sifat/pengaruh zat adiktif
dan psikotropika
|
Zat adiktif dan psikotropika
|
|
|
|
|
|
4.5 Menghinda-rkan diri dari pengaruh zat
adiktif dan psikotropika
|
Cara menghindari diri dari pengaruh zat akditif dan psikotropika
|
|
|
|
JUMLAH SEMESTER
1
|
|
|
|||
|
2
|
5. Memahami peranan usaha,
gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari
|
5.1 Mengidentifikasi
jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang
dikenai gaya
|
Gaya
|
|
|
|
5.2 Menerapkan
hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
|
Hukum Newton
|
|
|
||
|
|
5.3 Menjelaskan
hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip “usaha dan energi” serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
hubungan bentuk energi
|
|
|
|
|
|
5.4 Melakukan
percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
pesawat sederhana
|
|
|
|
|
|
5.5 Menyelidiki
tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
benda padat, cair,
|
|
|
|
|
6. Memahami
konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari
|
6.1
Mendeskripsi-kan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya
|
Getaran dan gelombang
|
|
|
|
|
|
6.2
Mendeskripsi-kan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari
|
Bunyi
|
|
|
|
|
|
6.3
Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin
dan lensa
|
Cahaya
|
|
|
|
|
|
6.4 Mendeskripsi-kan alat-alat optik dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Alat-alat Optik
|
|
|
|
|
JUMLAH SEMESTER
2
|
|
|
|||
..............................
Mengetahui
Kepala .............................. Guru Mata Pelajaran
.............................. ..............................
PERANGKAT PEMBELAJARAN
PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN IPA TERPADU
Kelas IX
SEMESTER 1
SARJU
PITARSO,S.Pd
SMP N MUARA MEGANG
Tahun Pelajaran
2011/2012
PROGRAM
TAHUNAN
Sekolah :
SMPN Muara Megang
Mata Pelajaran : IPA-Terpadu
Kelas / Semester : IX / 1 dan 2
Tahun pelajaran : 2011 / 2012
Target Nilai Portah : 69,15
|
Sem
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
|
|
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
|
1.1
Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan
kesehatan
|
Sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
3 jp
|
|
|
1.2
Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan
sistem reproduksi pada manusia
|
Sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi
pada manusia
|
3 jp
|
|
||
|
|
1.3 Mendeskripsikan
sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan
kesehatan
|
Sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan
kesehatan
|
3jp
|
|
|
|
2. Memahami
kelangsungan hidup makhluk hidup
|
2.1 Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk
hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan
|
Kelangsungan
hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan
|
4 jp
|
|
|
|
2.2
Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup
|
|
4 jp
|
|
||
|
|
2.3 Mendeskripsikan
proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya
|
Proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya
|
2 jp
|
|
|
|
|
2.4 Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung
kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
|
Penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui
produksi pangan
|
5 jp
|
|
|
|
3. Memahami konsep
kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1 Mendeskripsi-kan muatan listrik untuk
memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Listrik statis
|
6 jp
|
|
|
|
3.2 Menganalisis percobaan listrik dinamis
dalam suatu rangkaian serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Listrik dinamis
|
6 jp
|
|
||
|
|
3.3 Mendeskripsi-kan prinsip kerja elemen dan
arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Arus listrik
|
2 jp
|
|
|
|
|
3.4 Mendeskripsi-kan hubungan energi dan daya
listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Energi dan Daya listrik
|
6 jp
|
|
|
|
JUMLAH SEMESTER
1
|
44 jp
|
|
|||
|
2
|
4. Memahami konsep
kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1 Menyelidiki gejala
kemagnetan dan cara membuat magnet
|
Gejala kemagnetan dan cara membuat magnet
|
3 jp
|
|
|
4.2 Mendeskripsikan
pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi
|
Pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi
|
3 jp
|
|
||
|
|
4.3 Menerapkan konsep
induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang
memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik
|
Konsep induksi elektromagnetik dan prinsip kerja alat yang mendasarkan
prinsip induksi elektromagnetik
|
4 jp
|
|
|
|
5. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya
|
5.1.Mendeskripsikan karakteristik sistem tata surya
|
Sistem tata surya
|
4 jp
|
|
|
|
5.2.Mendeskripsikan
matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet
|
Matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu
planet
|
3 jp
|
|
||
|
5.3 Mendeskripsikan gerak edar bumi, bulan, dan
satelit buatan serta pengaruh interaksinya
|
Gerak edar bumi, bulan, dan satelit buatan serta
pengaruh interaksinya
|
4 jp
|
|
||
|
5.4 Mendeskripsikan proses-proses khusus yang
terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan
zat dan kalor
|
Proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang
terkait dengan perubahan zat dan kalor
|
6 jp
|
|
||
|
|
5.5 Menjelaskan hubungan antara proses yang
terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan
lingkungan
|
Hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer
dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan
|
6 jp
|
|
|
|
JUMLAH SEMESTER
2
|
33 jp
|
|
|||
Mengetahui
Muara Megang, 13
Juli 2011 Kepala SMPN Muara Megang Guru Mata
Pelajaran
SARJU PITARSO,S.Pd SARJU PITARSO,S.Pd
NIP 19700120 199703 1
004
NIP 19700120 199703 1 004
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus