RENCANA
PELAKSAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
SMP Negeri 12 Cirebon
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas/ Semester : VIII (Delapan)/ 1 (Satu)
Materi Pokok : Sistem
Peredaran Darah pada Manusia
Standar Kompetensi
1.
Memahami berbagai
sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar :
1.5 Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan
hubungannya dengan kesehatan.
Indikator:
1.
Menjelaskan sistem
peredaran darah manusia.
2.
Menyebutkan fungsi dan
komposisi darah.
3.
Mengidentifikasi golongan
darah.
4.
Menjelaskan proses
pembekuan darah.
5.
Menjelaskan alat-alat
peredaran darah.
6.
Mengidentifikasi kelainan
dan penyakit yang terdapat pada sistem peredaran darah manusia.
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
proses belajar mengajar diharapkan
peserta didik dapat :
1.
Menjelaskan sistem
peredaran darah manusia.
2.
Menyebutkan fungsi dan
komposisi darah.
3.
Mengidentifikasi
golongan darah.
4.
Menjelaskan proses
pembekuan darah.
5.
Menjelaskan alat-alat
peredaran darah.
6.
Mengidentifikasi
kelainan dan penyakit yang terdapat pada sistem peredaran darah manusia.
B.
Materi Ajar
A.
Darah
1.
Komposisi Darah
a.
Plasma Darah
b.
Sel-Sel Darah
2.
Proses Pembekuan Darah
3.
Fungsi Darah
4.
Golongan Darah
B.
Alat-Alat Peredaran Darah
1.
Jantung
2.
Pembuluh Darah
a.
Pembuluh Nadi
b.
Pembuluh Balik
C.
Peredaran Darah
D.
Peredaran Getah Bening
E.
Gangguan dan Penyakit pada Sistem Peredaran Darah
C.
Metode Pembelajaran
Metode : Ceramah, dan Diskusi kelompok.
Model : Direct Instruction (DI), Cooperative Learning, Word
Square
D. Langkah-Langkah
Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA (2 x 40 menit)
a.
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
·
Motivasi dan
Apersepsi:
-
Memberikan salam dan berdoa.
-
Pengkondisian kelas dengan menyuruh siswa duduk dan berpakaian dengan rapih.
-
Mengabsensi dan menanyakan siswa yang tidak masuk.
-
Memberikan motivasi
kepada siswa dengan bertanya “apakah nama cairan yang terdapat dalam tubuh
manusia yang berwarna merah? dan “apa yang terjadi bila ada luka di dalam
tubuh?”
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Siswa telah memahami
proses pernapasan pada manusia.
b.
Kegiatan Inti
(60 menit)
Eksplorasi
·
Guru memberi pengantar
tentang materi sistem peredaran darah pada manusia.
·
Siswa bersama dengan guru mendiskusikan fungsi darah pada manusia.
·
Melibatkan peserta
didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dari aneka sumber.
·
Menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
·
Memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
·
Melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
Elaborasi
·
Guru membagi siswa ke dalam lima kelompok berdasarkan
barisan tempat duduk.
·
Peserta didik
mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai komposisi darah.
·
Wakil tiap kelompok
diminta untuk mempersentasikan hasil diskusi.
·
Guru menanggapi hasil
diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·
Guru menjelaskan
mengenai golongan darah pada manusia.
·
Memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
·
Memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
·
Memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
·
Memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri
peserta didik.
Konfirmasi
·
Mengoreksi dan menguatkan hasil
belajar siswa.
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau
mengemukakan pendapat mengenai materi hari ini.
·
Guru bersama pesrta didik bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberi penguatan dan penyimpulan.
c.
Kegiatan Penutup (10 menit)
·
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·
Memberikan
soal-soal untuk diselesaikan di rumah.
·
Menginformasikan materi untuk pertemuan berikutnya.
·
Menutup pembelajaran dan meminta siswa berlatih di
rumah.
·
Salam dan
berdoa setelah belajar.
PERTEMUAN KEDUA (2 x 40 menit)
a.
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
Motivasi dan
Apersepsi:
·
Guru mengkondisikan kelas,
mengucapkan salam, memeriksa kesiapan belajar siswa, dan mengabsen siswa.
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai.
·
Guru menanyakan tugas pada pertemuan
sebelumnya
·
Guru menyampaikan apersepsi kepada
siswa dengan memberikan pertanyaan “darah mengalir melalui apa? ”
b.
Kegiatan Inti
(60 menit)
Eksplorasi
·
Guru menjelaskan
materi mengenai alat-alat peredaran darah.
·
Siswa
dapat menyebutkan contoh penyakit yang berhubungan dengan sistem
peredaran darah yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.
·
Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta
antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya
Elaborasi
·
Guru membagi siswa ke dalam lima kelompok
berdasarkan barisan tempat duduk.
·
Guru menempelkan
kertas yang berisi huruf-huruf di dalam kotak yang ditulis secara acak.
·
Guru memberikan
pertanyaan dan meminta siswa dari perwakilan kelompok untuk menjawab dengan
cara mengarsir kata secara mendatar atau menurun yang terdapat di dalam kertas
tersebut.
·
Kelompok yang
mendapatkan nilai paling tinggi mendapatkan sebuah penghargaan.
Konfirmasi
·
Mengoreksi dan menguatkan hasil
belajar siswa.
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau
mengemukakan pendapat mengenai materi hari ini.
·
Guru bersama peserta didik bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberi penguatan dan penyimpulan.
c.
Kegiatan Penutup (10 menit)
·
Mengarahkan
siswa untuk membuat kesimpulan.
·
Menginformasikan materi untuk pertemuan berikutnya
·
Menutup
pembelajaran dan meminta siswa berlatih di rumah.
·
Salam dan
berdoa setelah belajar.
E.
Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.
Media dan Alat
Gambar, papan tulis,
spidol, kertas
2.
Sumber Belajar
Buku cetak Belajar IPA
Membuka Cakrawala Alam Sekitar. Karim. S, dkk. Jakarta: Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional.
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
F.
Penilaian Hasil Belajar
1. Penilaian Proses KBM (Keaktifan waktu
diskusi )
2. Tugas Individu (LKS halaman
43-46)
3. Tugas Kelompok (Soal Benar Salah)
Cirebon,
12 September 2016
|
Guru Pamong
|
|
|
Praktikan
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
|
NASPAN M, Pd.
|
|
|
AAN ISTIQOMAH
|
||
NIP.
196507251990031008 NIM. 1413163046
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 12 Kota Cirebon
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dra. WARTI
SURATMININGSIH, M.Pd
|
|
|
NIP. 196001071982032009
LAMPIRAN
1.
Lembar Penilaian
Proses KBM (Keaktifan Waktu Diskusi )
|
No.
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Yang diamati
|
Jumlah
Nilai
|
|||
|
Inisiatif
|
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Presentasi
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*) Nilai maksimal tiap aspek 25 (25 x 4 = 100)
2.
Lembar Penilaian
Tugas Individu
(LKS Halaman 43-46)
|
No.
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Yang dinilai
|
Jumlah
Nilai
|
||
|
Ketepatan
Waktu
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Esensi
Jawaban
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*) Norma Penilaian :
-
Aspek Ketepatan Waktu skor maksimal : 15
-
Aspek Kerapihan Pekerjaan : 10
- Aspek Esensi Jawaban Skor Maksimal :
75
Jumlah :
100
3.
Tugas Kelompok (Soal
Benar Salah)
a.
Instrumen Tugas
Kelompok (Soal Benar Salah)
Nomor
Kelompok :
Nama Anggota :
Lingkarilah salah satu
huruf, B atau S. Bila pernyataan yang ada disampingnya benar maka lingkarilah B, tetapi bila pernyataan salah
lingkarilah S.
|
1.
|
B – S
|
Darah beredar di dalam tubuh dengan bantuan alat peredaran
darah yang terdiri atas jantung dan pembuluh darah.
|
|
2.
|
B – S
|
Komponen darah terdiri atas plasma darah yang merupakan
bagian yang padat dan sel-sel darah yang merupakan bagian yang cair.
|
|
3.
|
B – S
|
Golongan darah O tidak dapat memberikan darah kepada semua
golongan darah lainnya.
|
|
4.
|
B – S
|
Jantung manusia memiliki 4 ruang yaitu 2 serambi dan 2
bilik.
|
|
5.
|
B – S
|
Pembuluh darah dibedakan menjadi pembuluh nadi (arteri),
pembuluh balik (vena), dan pembuluh kapiler.
|
|
6.
|
B – S
|
Otot bilik kanan jantung lebih tebal daripada otot bilik
kiri.
|
|
7.
|
B – S
|
Peredaran darah pada tubuh manusia dapat disebut peredaran
darah rangkap atau peredaran darah ganda.
|
|
8.
|
B – S
|
Leukimia adalah suatu penyakit/ kelainan pada manusia
karena jumlah sel-sel darah merah (eritrosit) meningkat tidak terkendali.
|
|
9.
|
B – S
|
Pada arteri terdapat banyak katup sedangkan pada vena
tidak ada.
|
|
10.
|
B – S
|
Dinding pembuluh kapiler hanya berupa selapis sel.
|
b.
Rubrik Penilaian Tugas Kelompok (Soal Benar Salah)
|
No.
|
Jawaban
|
Skor
|
|
1.
|
B
|
2
|
|
2.
|
S
|
2
|
|
3.
|
S
|
2
|
|
4.
|
B
|
2
|
|
5.
|
B
|
2
|
|
6.
|
S
|
2
|
|
7.
|
B
|
2
|
|
8.
|
S
|
2
|
|
9.
|
S
|
2
|
|
10.
|
B
|
2
|
|
Total Skor
|
20
|
|
|
Nilai = ............
Tidak ada komentar:
Posting Komentar