Selasa, 04 Oktober 2016

RPP Sistem Peredaran Darah (PPL 2)



RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                                   : SMP Negeri 12 Cirebon
Mata Pelajaran                      : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas/ Semester                      : VIII (Delapan)/ 1 (Satu)
Materi Pokok                         : Sistem Peredaran Darah pada Manusia
Alokasi Waktu                       : 4 X 40 Menit

Standar Kompetensi
1.      Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar :
1.5 Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
Indikator:
1.      Menjelaskan sistem peredaran darah manusia.
2.      Menyebutkan fungsi dan komposisi darah.
3.      Mengidentifikasi golongan darah.
4.      Menjelaskan proses pembekuan darah.
5.      Menjelaskan alat-alat peredaran darah.
6.      Mengidentifikasi kelainan dan penyakit yang terdapat pada sistem peredaran darah manusia.

A.      Tujuan Pembelajaran
Setelah proses belajar mengajar diharapkan peserta didik dapat :
1.      Menjelaskan sistem peredaran darah manusia.
2.      Menyebutkan fungsi dan komposisi darah.
3.      Mengidentifikasi golongan darah.
4.      Menjelaskan proses pembekuan darah.
5.      Menjelaskan alat-alat peredaran darah.
6.      Mengidentifikasi kelainan dan penyakit yang terdapat pada sistem peredaran darah manusia.

B.       Materi Ajar
A.    Darah
1.      Komposisi Darah
a.       Plasma Darah
b.      Sel-Sel Darah
2.      Proses Pembekuan Darah
3.      Fungsi Darah
4.      Golongan Darah
B.     Alat-Alat Peredaran Darah
1.      Jantung
2.      Pembuluh Darah
a.       Pembuluh Nadi
b.      Pembuluh Balik
C.     Peredaran Darah
D.    Peredaran Getah Bening
E.     Gangguan dan Penyakit pada Sistem Peredaran Darah
C.      Metode Pembelajaran
Metode     : Ceramah, dan Diskusi kelompok.
Model       : Direct Instruction (DI), Cooperative Learning, Word Square
D.      Langkah-Langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA (2 x 40 menit)
a.      Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·         Motivasi dan Apersepsi:
-     Memberikan salam dan berdoa.
-     Pengkondisian kelas dengan menyuruh siswa duduk dan berpakaian dengan rapih.
-     Mengabsensi dan menanyakan siswa yang tidak masuk.
-     Memberikan motivasi kepada siswa dengan bertanya “apakah nama cairan yang terdapat dalam tubuh manusia yang berwarna merah? dan “apa yang terjadi bila ada luka di dalam tubuh?”
·         Prasyarat pengetahuan:
-     Siswa telah memahami proses pernapasan pada manusia.
b.      Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
·         Guru memberi pengantar tentang materi sistem peredaran darah pada manusia.
·         Siswa bersama dengan guru mendiskusikan fungsi darah pada manusia.
·         Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber.
·         Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
·         Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
·         Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
Elaborasi
·         Guru membagi siswa ke dalam lima kelompok berdasarkan barisan tempat duduk.
·         Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai komposisi darah.
·         Wakil tiap kelompok diminta untuk mempersentasikan hasil diskusi.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Guru menjelaskan mengenai golongan darah pada manusia.
·         Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
·         Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
·         Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
·         Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
·         Mengoreksi dan menguatkan hasil belajar siswa.
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau mengemukakan pendapat mengenai materi hari ini.
·         Guru bersama pesrta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberi penguatan dan penyimpulan.
c.       Kegiatan Penutup (10 menit)
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Memberikan soal-soal untuk diselesaikan di rumah.
·         Menginformasikan materi untuk pertemuan berikutnya.
·          Menutup pembelajaran dan meminta siswa berlatih di rumah.
·         Salam dan berdoa setelah belajar.

PERTEMUAN KEDUA (2 x 40 menit)
a.      Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
Motivasi dan Apersepsi:
·         Guru mengkondisikan kelas, mengucapkan salam, memeriksa kesiapan belajar siswa, dan mengabsen siswa.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
·         Guru menanyakan tugas pada pertemuan sebelumnya
·         Guru menyampaikan apersepsi kepada siswa dengan memberikan pertanyaan “darah mengalir melalui apa? ”
b.      Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
·         Guru menjelaskan materi mengenai alat-alat peredaran darah.
·         Siswa dapat menyebutkan contoh penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.
·         Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya
Elaborasi
·         Guru membagi siswa ke dalam lima kelompok berdasarkan barisan tempat duduk.
·         Guru menempelkan kertas yang berisi huruf-huruf di dalam kotak yang ditulis secara acak.
·         Guru memberikan pertanyaan dan meminta siswa dari perwakilan kelompok untuk menjawab dengan cara mengarsir kata secara mendatar atau menurun yang terdapat di dalam kertas tersebut.
·         Kelompok yang mendapatkan nilai paling tinggi mendapatkan sebuah penghargaan.
Konfirmasi
·         Mengoreksi dan menguatkan hasil belajar siswa.
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau mengemukakan pendapat mengenai materi hari ini.
·         Guru bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberi penguatan dan penyimpulan.
c.       Kegiatan Penutup (10 menit)
·         Mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan.
·         Menginformasikan materi untuk pertemuan berikutnya
·         Menutup pembelajaran dan meminta siswa berlatih di rumah.
·         Salam dan berdoa setelah belajar.

E.       Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.      Media dan Alat
Gambar, papan tulis, spidol, kertas
2.      Sumber Belajar
Buku cetak Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar. Karim. S, dkk. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Lembar Kerja Siswa (LKS)
F. Penilaian Hasil Belajar
1.      Penilaian Proses KBM (Keaktifan waktu diskusi )
2.      Tugas Individu (LKS halaman 43-46)
3.      Tugas Kelompok (Soal Benar Salah)




Cirebon, 12 September 2016 
Guru Pamong


Praktikan












NASPAN M, Pd.


AAN ISTIQOMAH







NIP. 196507251990031008                                                   NIM. 1413163046




Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 12 Kota Cirebon



















Dra. WARTI SURATMININGSIH, M.Pd


                               NIP. 196001071982032009



LAMPIRAN
1.        Lembar Penilaian Proses KBM (Keaktifan Waktu Diskusi )
No.
Nama Siswa
Aspek Yang diamati
Jumlah
Nilai
Inisiatif
Keaktifan
Kerjasama
Presentasi





















*) Nilai maksimal tiap aspek 25 (25 x 4 = 100)

2.        Lembar Penilaian Tugas Individu (LKS Halaman 43-46)    
No.
Nama Siswa
Aspek Yang dinilai
Jumlah
Nilai
Ketepatan
Waktu
Kerapihan
Pekerjaan
Esensi
Jawaban






























*) Norma Penilaian :
                        - Aspek Ketepatan Waktu skor maksimal                   : 15
                        - Aspek Kerapihan Pekerjaan                                      : 10
                        - Aspek Esensi Jawaban Skor Maksimal                     : 75


 
                                                            Jumlah                                     : 100

3.        Tugas Kelompok (Soal Benar Salah)
a.      Instrumen Tugas Kelompok (Soal Benar Salah)
Nomor Kelompok       :   
Nama Anggota            :
Lingkarilah salah satu huruf, B atau S. Bila pernyataan yang ada disampingnya benar maka lingkarilah B, tetapi bila pernyataan salah lingkarilah S.

1.
B – S
Darah beredar di dalam tubuh dengan bantuan alat peredaran darah yang terdiri atas jantung dan pembuluh darah.
2.
B – S
Komponen darah terdiri atas plasma darah yang merupakan bagian yang padat dan sel-sel darah yang merupakan bagian yang cair.
3.
B – S
Golongan darah O tidak dapat memberikan darah kepada semua golongan darah lainnya.
4.
B – S
Jantung manusia memiliki 4 ruang yaitu 2 serambi dan 2 bilik.
5.
B – S
Pembuluh darah dibedakan menjadi pembuluh nadi (arteri), pembuluh balik (vena), dan pembuluh kapiler.
6.
B – S
Otot bilik kanan jantung lebih tebal daripada otot bilik kiri.
7.
B – S
Peredaran darah pada tubuh manusia dapat disebut peredaran darah rangkap atau peredaran darah ganda.
8.
B – S
Leukimia adalah suatu penyakit/ kelainan pada manusia karena jumlah sel-sel darah merah (eritrosit) meningkat tidak terkendali.
9.
B – S
Pada arteri terdapat banyak katup sedangkan pada vena tidak ada.
10.
B – S
Dinding pembuluh kapiler hanya berupa selapis sel.

b.      Rubrik Penilaian Tugas Kelompok (Soal Benar Salah)
No.
Jawaban
Skor
1.
B
2
2.
S
2
3.
S
2
4.
B
2
5.
B
2
6.
S
2
7.
B
2
8.
S
2
9.
S
2
10.
B
2
Total Skor
20
Nilai =  x 100           
 
                                                                                                            Nilai = ............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar